Sunday, June 16, 2013

たい焼き (Taiyaki) VS 붕어빵 (Bungeoppang)



Aloha, Minna-San! Kali ini, kami mau membahas penganan serupa Taiyaki yakni Bungeoppang. Check it out!

Taiyaki
Seperti yang sebelumnya pernah kami post, Taiyaki adalah penganan/jajanan yang berasal dari negeri Sakura. Untuk mengingatkan Minna-San kembali, akan kami tuliskan lagi sebagian ya.Taiyakiadalah kue Jepang berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, vla, keju, atau sosis. Sama halnya dengan adonan dorayaki atau panekuk, adonan taiyaki dibuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, bakpuder, telur ayam, dan air. Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merah yang sampai di bagian ekor.
Taiyaki awalnya adalah imagawayaki yang dicetak dalam berbagai bentuk binatang. Di Jepang, ikan tai adalah ikan mahal yang hanya dimakan rakyat untuk kesempatan istimewa. Penjual imagawayaki juga membuat kuenya berbentuk ikan agar rakyat yang jarang memakan ikan tai menjadi senang. Selain itu, ikan tersebut dipercaya sebagai pembawa keberuntungan, sehingga imagawayaki dalam bentuk ikan populer sebagai taiyaki.

Bungeoppang
Bungeoppang merupakan sejenis kue panggang yang diisi dengan pasta kacang merah dengan cetakan berbentuk ikan. Menurut kabar, justru orang Jepanglah yang memperkenalkan menu ini kepada orang Korea. Dan hingga sekarang menu ini masih menggunakan bahan yang sama, yaitu kacang azuki. Kacang ini bentuknya seperti kacang merah, hanya lebih kecil.

No comments:

Post a Comment