Monday, June 17, 2013

Taiyaki dan Festival Jepang ^^



Taiyaki merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sedang booming dalam 1 tahun terakhir. Selain karena bentuknya yang unik, ternyata taiyaki ini memiliki penuh makna. Makna dari bentuk taiyaki yang seperti ikan adalah karena ikan dianggap hewan yang sakral dan membawa keberuntungan. Dalam kenyataannya pada saat sebelum Taiyaki terkenal seperti sekarang, Taiyaki hanya bisa ditemukan di festival-festival tertentu di Jepang. Berikut ini adalah festival-festival di Jepang dimana minna-san bisa mendapatkan Taiyaki:


Gion Matsuri
Gion Matsuri (祇園祭?) adalah festival tahunan (matsuri) yang diadakan di Kyoto selama satu bulan penuh di bulan Juli. Perayaan dimulai pada tanggal 1 Juliyang ditandai dengan ritual Kippu iri dan diakhiri ritual Nagoshinoharae pada tanggal 30 Juli. Puncak-puncak perayaan Gion Matsuri berupa: 
1) Yoiyoiyama (malam sebelum Yoiyama, 15 Juli)
2) Yoiyama (malam sebelum prosesi, 16 Juli)
3)  Yamaboko-junkō (prosesi Yamaboko, 17 Juli).
Dalam sejarahnya, festival ini berawal dari 1.100 tahun yang lalu, dimana pada awalnya festival ini merupakan acara yang disebut Goryo-e untuk menenangkan arwah orang yang meninggal karena wabah penyakit menular. Upacara ini dilakukan setiap pada bulan Juli dan menjadikan upacara ini ditunggu-tunggu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, yang akhirnya upacara ini berganti menjadi festival Gion Matsuri.
Di setiap tanggal 14 Juli atau dikenal dengan Yoiyoiyama, festival ini membuka dan menyediakan pasar kaget yang berisikan seperti booth makanan dan minuman, permainan, aksesoris, dan lain-lain, dimana festival ini menutup sebagian dari kota Kyota. Tanggal 14 ini ditandai dengan peluncuran lampu lampion pada malam hari.
Taiyaki bisa ditemukan di festival Gion Matsuri pada tanggal tersebut sampai dengan hari terakhir festival tersebut atau sekitar tanggal 30 Juli.

Hanami
Hanami adalah salah satu tradisi adalah salah satu tradisi tradisional Jepang yang populer baik di Jepang atau di dunia. Aktivitas utama dalam tradisi ini adalah menikmati keindahan bunga yang sedang mekar, dan pada umumnya bunga yang dimaksud adalah bunga sakura atau bunga plum (ume). Bunga sakura mekar diseluruh Jepang dari akhir bulan Maret hingga awal bulan Mei dan sekitar bulan Ferbuari dari Pulau Okinawa. Biasanya jadwal mekarnya bunga sakura ini selalu diumumkan oleh badan cuaca di Jepang setiap tahunnya. Mekarnya bunga sakura selalu diawasi oleh orang-orang yang menanam bunga ini, karena waktu mekar bunga sakura hanya 1 atau 2 minggu saja.
Hingga saat ini, festival Hanami terus dilanjutkan. Banyak yang berkumpul di taman dimanapun pohon sakura dapat ditemukan. Mereka mengadakan pesta meriah dibawah pohon. Bahkan pesta ini dapat terus berlangsung hingga malam hari. Lebih dari setengah wilayah Jepang, waktu mekarnya bunga sakura datang tepat ketika waktu masuk sekolah dan mulai kerja setelah musim libur. Sehingga Hanami dijadikan sebagai pesta untuk menyambut hari yang baru. 
Festival Hanami dilakukan di beberapa kota di Jepang, namun kota yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dan paling besar adalah di kota Tokyo. Selain karena Tokyo sebagai ibukota dari negara Jepag, Tokyo merupakan tempat paling menarik untuk menyaksikan mekarnya bunga sakura, selain itu sekarang disetiap penyelenggaraannya banyak sekali booth dan tenda-tenda makanan yang ikut meramaikan acara tersebut. Seru yaaa! :D

Bonen Kai
Festival ini merupakan festival untuk merayakan pesta akhir tahun. Festival ini dirayakan pada bulan Desember. Festival ini banyak diminati oleh masyarakat dan wisatawan lokal maupun mancanegara karena mereka bisa melakukan hal sebebas-bebasnya sesuai dengan apa yg mereka inginkan khususnya dalam makan dan minum. Bisa minum alcohol sepuasnya, bisa bercengkrama dan makan bersama. Hal yang paling khas dari festival ini adalah setiap orang diwajibkan mengambil makanan rebus sebagai makanan utama seperti nabe dan udon dari panci secara bersama-sama. Tujuannya adalah untuk menciptakan saling kerja sama dan saling mengakui kebersamaan meskipun berbeda.

Dalam festival ini, seperti dengan festival lainnya, banyak sekali bazaar dan hiburan-hiburan untuk menyambut akhir tahun sekaligus untuk merayakan natal dan tahun baru. Selain itu disini Taiyaki dianggap sebagai cemilan dan appertizer untuk menemani ocha dan sake.

Jadi, minna-san berminat untuk mendatangi festival-festival ini dan mencoba Taiyaki di Jepang? :)




No comments:

Post a Comment